Lestarikan Cagar Budaya, Pusat Kajian Sriwijaya UPGRIP Telusuri Jejak Candi Sriwijaya di OKUT

Guna mendorong pelestarian cagar budaya yang ada di Bumi Sumatera Selatan, Pusat Kajian Sriwijaya UPGRIP terus melakukan berbagai program dalam melakukan penelusuran jejak-jejak sejarah.

Kali ini, Pusat Kajian Sriwijaya UPGRIP yang dipimpin dosen peneliti Dr. Muhamad Idris, M.Pd bersama mahasiswa FKIP UPGRIP melakukan penelusuran jejak candi Kedatuan Sriwijaya di Desa Nikan Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur.

“Pusat Kajian Sriwijaya UPGRIP merupakan salah satu pusat penelitian dosen dan mahasiswa yang memfokuskan penelitiannya pada sejarah dan kebudayaan Kedatuan Sriwijaya di Sumatera Selatan. Pusat kajian ini telah melakukan penelusuran jejak peninggalan Kedatuan di Kabupaten OKU Timur pada bulan Juni 2024,” ujar Dr. Muhamad Idris, M.Pd.

Ia menambahkan bahwa kegiatan peminatan ini diikuti oleh mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Sejarah, dan mahasiswa dari program studi PGSD, Program Studi Pendidikan Jasmani, serta siswa Sekolah Menengah Atas kota Palembang yang tertarik pada sejarah Sriwijaya.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk upaya penanaman kesadaran sejarah lokal bagi mahasiswa dan masyarakat yang tinggal di sekitar obyek penelitian. kegiatan ini dilaksanakan dengan melakukan kegiatan identifikasi lapangan dan kegiatan mengedukasi masyarakat desa Nikan Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur.