MAHASISWA FKIP UPGRI PALEMBANG TELITI ARCA MENHIR BASEMAH

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas PGRI Palembang melakukan penelitian di Komplek Megalit di Padang Nanding Basemah. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 4-7 Mei 2019 di Pagaralam dan Jarai.

Kegiatan penelitian tersebut dikomandoi oleh Dosen Program Studi Pendidikan Sejarah, Muhamad Idris dengan diketuai oleh Riki Andi Saputro dan anggota Wahyudi, Dian Agustini, Rian, Rosnilawati, dan alumni Arry Gozali. Mahasiswa yang turut dalam kegiatan adalah mahasiswa yang tergabung dalam Mapasaba.

Riki menjelaskan bahwa diketinggian 780 meter, Arca diperkirakan berumur 2000 Tahun. Selain itu, di lokasi penelitian juga ditemukan kubur batu Menhir dan Tetralit.

Wakil Dekan I FKIP, Patricia H.M. Lubis, Ph.D. mengungkapkan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah sangat baik dan dapat menunjang kegiatan akademik yang dilakukan dalam proses pembelajaran. Kami dari Dekanat sangat menyambut baik berbagai kegiatan akademik yang bermanfaat bagi mahasiswa. Kuliah bukan hanya di dalam ruangan saja, namun mahasiswa juga dibawa terjun ke lapangan untuk melakukan penelitian bersama, ungkapnya.

Rektor UPGRI Palembang, Dr. H. Bukman Lian, M.M.,M.Si. mengungkapkan bahwa Universitas PGRI Palembang memberikan keluasan bagi mahasiswa dalam mengembangkan ilmunya yang di dapat dari dosen saat perkuliahan berlangsung. Universitas PGRI Palembang telah menyiapkan Laboratorium bagi 24 Program Studi yang ada di Universitas PGRI Palembang. Laboratorium tersebut dipusatkan dalam satu gedung yaitu Business and Science Center. Meski demikian, kami memberikan keluasan bagi mahasiswa dalam mengembangkan ilmunya dengan melakukan penelitian di luar kampus, pungkasnya.